Rp400 Juta untuk Kafilah Kalbar

Gubernur Kalbar Sutarmidji bakal mengalokasikan dana Rp400 juta untuk prestasi yang diraih Kafilah Kalbar dalam ajang Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXV. Hal ini disampaikan Sutarmidji dalam acara perpisahan bersama Kafilah Kalbar di Pendopo Gubernur, Sabtu (6/7).

MARSITA RIANDINI, Pontianak

SUTARMIDJI berharap secepatnya mendapatkan perincian pembagian dana tersebut. “Nanti juara I berape, juara II berape, juara III berape, mungkin yang lain juga. Alokasikan sementara Rp400 juta, nanti sampaikan kepada saya (perinciannya) secepatnya,” ungkap dia.

Diakui Sutarmidji, prestasi yang diraih Kalbar saat ini menjadi penyemangat. Harapan dia, apa yang diraih ini juga dapat bersinergi dengan program pemerintah, terkait dengan upaya menuntaskan buta aksara Alquran. Apalagi pemerintah setempat ingin mencetak 5 ribu hafiz dan hafizah dalam periode kepemimpinannya.

Sutarmidji juga menyoroti keberadaan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kalbar yang menurutnya harus memiliki sekretariat tetap. Selain akan memafasilitasi perbaikan infrastruktur, dia juga berharap LPTQ Kalbar terus berbenah, melakukan perbaikan, dan semakin bersemangat dalam mencetak generasi qurani yang berprestasi. “Saya berharap LPTQ ini dioperasionalkan oleh salah satu pengurus,” papar dia.

Ketua Umum Panitia STQ Nasional XXV Syarif Kamaruzaman bersyukur pelaksaan STQ ini berjalan lancar. Hal ini, menurut dia, terlihat dari antusiasme masyarakat yang berbondong-bondong menyaksikan perlombaan yang diselenggarakan di beberapa titik. “Kami sebagai panitia hanya berusaha berbuat maksimal,” ungkapnya.

Suksesnya penyelenggaraan ini, kata dia, tidak terlepas dari peran banyak pihak yang saling bekerja sama. Sebut dia, baik itu Pemerintah Provinsi Kalbar, maupun kafilah-kafilah provinsi lain. “Tekad kami ada dua hal, suskes penyelenggaraan dan sukses prestasi. Alhamdulillah pelaksanaannya lancar. Cuaca bersahabat,” papar dia.

Terkait prestasi yang diraih, dia mengatakan ini sebagai pemacu untuk menciptakan qori dan qoriah serta hafiz-hafizah Kalbar yang berpretasi. “Di tahun sebelumnya kita dulu pernah menjadi lumbung qori-qoriah, beberapa tahun terakhir melambat, dengan STQ Kalbar menjadi sebuah pemicu bagi kita,” gugahnya.

Prestasi lima besar yang diraih Kalbar ini, kata dia, juga menjadi perhatian bagi LPTQ Kalbar. Keberadaan LPTQ Kalbar ini, diharapkan dia, dapat bersinergi dengan program pemerintah terkait dengan upaya menuntaskan buta aksara Alquran dan mencetak para penghafal Alquran. “Kami akan melakukan pendataan lembaga-lembaga hafiz yang ada. Ini untuk memudahkan melakukan pemetaan,” pungkasnya. (pontianak post*)


Qori-qoriah dan Hafiz-hafizah Kalbar yang berprestasi di STQ XXV

No  Nama                              Perolehan Medali          Cabang Pertandingan

1     Rohidah                          Emas (Juara I)                Tahfiz 30 Juz Putri              

2     Malika Khalqillah          Perak (Juara II)               Tilawah Anak-anak Putri

3     Faturrahman                   Perunggu (Juara III)       Tahfiz 10 Juz Putra

4     Fuady Farid Albari         Perunggu (Juara III)       Tahfiz Hadis 100 dengan Sanad

5     Anas Al Hifni                 Juara Harapan I              Tilawah Dewasa Putra

6     Khullatun Nabella          Juara Harapan II             Tahfiz 20 Juz Putri

7     Ainun Jariah                   Juara Harapan III           Tahfiz Hadis 500 tanpa Sanad   



 

 

Read Previous

Peringkat Lima, Kalbar Ulang Sukses 1968

Read Next

MTQ Internasional Maroko; Rohidah Wakili Indonesia