Pontianak Jawara STQ Kalbar

SINGKAWANG – Kafilah Kota Pontianak keluar sebagai juara umum Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXV Kalbar yang digelar di Kota Singkawang, Kamis (2/5) malam. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Dewan Hakim STQ. Kota Pontianak mengumpulkan poin paling banyak yakni 36 poin.

Posisi Pontianak disusul Kabupaten Mempawah dengan 31 poin, Kubu Raya 21 poin, Kota Singkawang 11 poin dan Sanggau 8 poin. STQ XXV ditutup langsung Wakil Gubernur Kalbar, H Ria Norsan di Stadion Kridasana.

“Selamat bagi pemenang atas prestasi yang diraih. Yang belum juara teruslah berlatih dan mengasah kemampuan diri,” ungkap Norsan. Menurutnya, momentum STQ XXV ini hendaknya menjadi ajang untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah. “Yang terpenting mari kita jadikan Alquran dan hadits sebagai pedoman hidup,” katanya.

Ia juga berpesan kepada seluruh warga terutama umat Islam agar meningkatkan investasi masing-masing dalam upaya mencetak generasi Qurani. “Latihlah anak-anak kita membaca, memahami dan mengamalkan Alquran,” ajaknya.

Bagi daerah yang ingin meningkatkan kemampuan kafilahnya dalam STQ, Norsan tidak keberatan jika ada yang mengirimkan utusan untuk berlatih ke luar Kalbar. “Seperti ada peserta kita, kita latih di luar Kalbar terkait kaligrafi. Begitu pulang ke daerah, Alhamdulillah kualitasnya semakin baik,” ujarnya.

Menurutnya, para peserta yang bakal mewakili Kalbar dalam STQ nasional hendaknya dapat mempersiapkan diri semaksimal mungkin agar bisa menuai hasil terbaik. Terlebih lagi tahun ini Kalbar bertindak sebagai tuan rumah STQ nasional. “Kan malu kalau sebagai tuan rumah STQ tidak ada yang nyangkut (jadi juara,red). Makanya sewaktu pemusatan pelatihan harus maksimal,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan mengapresiasi kerja keras kafilah Kota Pontianak dalam STQ XXV ini sehingga keluar menjadi juara umum. Ia pun memastikan bahwa pemkot akan memberikan penghargaan bagi para juara. “Tentunya mereka yang terbaik akan kita beri reward,” ujarnya. Setelah ajang STQ tingkat provinsi ini, pihaknya akan berupaya mempersiapkan peserta sebaik mungkin untuk ajang STQ nasional.

Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan mengucapkan terima kasih atas peran dan partisipasi seluruh pihak semoga menjadi amal saleh. “Tahapan demi tahapan tak akan berjalan baik tanpa peran dan partisipasi semua pihak mulai mengucapkan LPTQ Kalbar, LPTQ Singkawang dan panitia pelaksana, dewan hakim,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Pelaksana STQ XXV Singkawang, Sumastro berharap para kafilah terpuaskan dengan penyelenggaraan STQ di Singkawang. “Dengan spirit kota Singkawang sebagai kota tertoleran maka diharapkan memberikan kesan baik terhadap kafilah yang ada,” katanya.

Ia memberikan apresiasi juga kepada partisipasi seluruh pihak dan para kafilah yang ikut menyukseskan STQ XXV Kalbar di Singkawang. (har)

Juara STQ 2019

KABUPATEN/KOTA                         Point     Peringkat

1 KOTA PONTIANAK                       36           1

2 KABUPATEN MEMPAWAH       31           2

3 KABUPATEN KUBU RAYA          21          3

4 KOTA SINGKAWANG                  11           4

5 KABUPATEN SANGGAU             8              5

6 KABUPATEN KAPUAS HULU     6              6

7 KABUPATEN LANDAK                                 5              7

8 KABUPATEN KAYONG UTARA                 3              8

9 KABUPATEN MELAWI                                 2              9

10 KABUPATEN SAMBAS              1              10

11 KABUPATEN SEKADAU            1              10

12 KABUPATEN KETAPANG         1              10

13 KABUPATEN BENGKAYANG   0              0

14 KABUPATEN SINTANG             0              0

 

 

Read Previous

Haflah Khatamul Qur’an Diikuti Ribuan Orang

Read Next

Berlomba Jadi yang Terbaik