Andi Musa Pimpin LPTQ Kalbar

BRIGJEN Pol Andi Musa telah ditetapkan Gubernur Kalbar Sutarmidji sebagai Ketua Umum LPTQ Kalbar. Rencana pelantikan pengurus priode 2019-2024 ini dilakukan pada Kamis (12/12). Kegiatan yang berlangsung di Hotel Mahkota Pontianak dirangkaikan dengan Rakerda dan Ekpos MTQ XXVIII Kalbar di Kabupaten Sekadau tahun 2020.

Sosok Andi Musa dalam pengurusan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) tergolong baru. Sebelumnya dia menjabat sebagai salah satu ketua dan Ketua Tim Asistensi MTQ XXVIII Kalbar. Pria yang akan segera memasuki purna tugas di Polda Kalbar ini optimis dapat menjalankan program yang diamanahkan kepada lembaga yang dipimpinnya.

“Kita bekerja semaksimal mungkin. Teman-teman di LPTQ ini sudah punya banyak pengalaman. Baik dalam organisasi maupun dalam menyelenggarakan even-even musabaqah,” jelas Andi Musa.

Program dalam waktu dekat adalah pelaksanaan MTQ Kalbar di Kabupaten Sekadau. Pihaknya sudah dua kali melihat persiapan panitia di daerah. Sebelumnya juga sudah melakukan kunjungan ke Kota Padang untuk persiapan MTQ Nasional di Sumatera Barat.

Masih dalam rangkaian persiapan MTQ Kalbar, LPTQ juga sudah mengadakan pelatihan dewan hakim dan panitera. Kegiatan ini penting karena dalam musabaqah nanti, untuk kali pertama tingkat Provinsi Kalbar penilaian menggunakan aplikasi E-Maqra.

Program-program yang akan disusun dalam Rekerda nanti sejalan dengan program pembangunan yang diusung Gubernur Kalbar. Andi Musa menyebutkan seperti mewujudkan Program Tahfiz 5000 orang selama lima tahun, Quran Center, pendataan tahfiz dan program peningkatan prestasi pada event MTQ dan STQ tingkat nasional.

“Secara detail program kerja ini akan dibahas dalam rapat kerja daerah nanti,” jelas Andi Musa.(man)


Read Previous

Wisuda Angkatan Pertama 100 Penghafal Alquran; Yusuf Jadi Hafiz Termuda, Hafal 30 Juz Sejak Kelas III SD

Read Next

LPTQ Kalbar Target Masuk Lima Besar Nasional