Ajang Persiapan Songsong STQ Nasional

SINGKAWANG – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji meninjau pelaksanaan STQ di basement Kantor Wali Kota Singkawang, Minggu (28/4). Dalam peninjauan itu, ia didampingi Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie dan Ketua LPTQ Kota Singkawang Irwan.

Gubernur pun menyempatkan diri menyaksikan penampilan peserta golongan anak-anak Cabang Tilawah. Pada Minggu (28/4) tersebut, agenda lomba STQ XXV terdiri dari Tilawah Golongan Anak-anak  yang diikuti 11 orang, Hifdzil Qur’an Golongan 1 Juz ma’at Tilawah sebanyak 12 orang, Hifdzil Qur’an Golongan 10 Juz sebanyak 12 orang. Kemudian, Tilawah Gololongan Dewasa diikuti 6 orang, lalu Hifdzil Qur’an Golongan 1 Juz ma’attilawah sebanyak 14 orang. Serta Hifdzil Qur’an Golongan 10 Juz sebanyak 15 orang. 

Panitia juga melakukan Pencabutan Maqra’ untuk Tilawah Gol. Anak-anak dan Hifzil Qur’an Golongan 5 Juz Ma’at tilawah Golongan Dewasa sebanyak 12 orang) dan Tilawah Gol. Anak-anak sebanyak 14 orang.

Ia mengatakan STQ XXV ini merupakan ajang persiapan Kalbar untuk menjaring dan memilih kafilah Kalbar yang akan tampil nantinya ke STQ tingkat nasional. “Saya berharap setelah STQ ini segera menetapkan kafilah kita, kemudian TC seawal mungkin dilatih oleh pelatih pelatih yang berpengalaman, berprestasi bahkan tingkat nasional maupun internasional,” katanya.

Ia yakin dengan waktu tersisa tinggal dua bulan sebelum STQ Nasional, sebagai tuan rumah, Kalbar mampu mencetak prestasi terbaik. “Dengan waktu satu atau dua bulan ini kita persiapkan awal pemusatan pelatihan bagi kafilan terpilih, apalagi sebagai tuan rumah, semoga kita bisa berbuat yang terbaik,” harapnya.

Sutarmidji yang juga Ketua LPTQ Kalbar ini juga menyinggung secara umum konsep acara STQ Nasional yang digelar di kota Pontianak.  Ada kegiatan mimbar tilawah yang akan dibuat di titik nol lintang utara selatan barat dan hal ini tak dilakukan tempat lain, bahkan seluruh dunia.

“Ada juga kita akan membuat mimbar di atas Sungai Kapuas yang nanti juga akan kita buat kenangan bahwasanya pernah dilakukan STQ Nasional di Kalbar,” sambungnya 

Terkait target juara di STQ Nasional, kata Sutarmidji, tidak terlalu menjadi hal yang perlu. Namun, Kalbar ingin memberikan yang terbaik, selaku kafilah maupun tuan rumah. “Saya tidak ingin  patokannya masuk berapa besar, namun kita harus berbuat terbaik dan Insya Allah hasilnya juga terbaik,” katanya. (har)

 

Read Previous

Bagi Juara Pertama STQ, Bupati Sambas Siapkan Hadiah Umrah

Read Next

Zaman Boleh Milenial, Tapi Jangan Lupa Baca Tulis Al-Quran